Senin - Jum'at, 08.00 - 16.00

Mengajukan Perceraian Dapat Diajukan Dengan Itsbat Nikah

0 Comments
Mengajukan Perceraian Dapat Diajukan Dengan Itsbat Nikah

Itsbat Nikah adalah cara yang dapat ditempuh oleh pasangan suami isteri yang telah menikah secara sah menurut agama namun belum mendapatkan pengakuan dari negara atas pernikahan yang telah dilangsungkan oleh keduanya. Berdasarkan Pasal 7 ayat (2) Kompilasi Hukum Islam (KHI),“Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akta Nikah, dapat diajukan itsbat nikah-nya ke Pengadilan Agama”.

Itsbat nikah dapat diajukan ke Pengadilan Agama hanya terbatas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan :

 

  • Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaian perceraian.
  • Hilangnya akta nikah.
  • Adanya perkawinan yang terjadi sebelum berlakunya UU No. 1 Tahun 1974.

 

Adanya perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidak empunyai halangan perkawinan menurut UU No. 1 Tahun 1974.

 

Yang berhak mengajukan permohonan itsbat nikah ialah suami atau isteri, anak-anak mereka, wali nikah dan pihak yang berkepentingan dengan perkawinan itu. Sehingga Ketika seseorang melangsungkan perkawinan siri atau dibawah tangan, itsbat nikah dapat dilakukan dalam rangka penyelesaian perceraian. Selain itu, untuk mendapatkan kepastian hukum perlu dilakukan perkawinan ulang menurut ketentuan agama yang dianut. Kemudian dicatatkan dihadapan pejabat yang berwenang Kantor Urusan Agama atau Kantor Catatan Sipil.

 

 

pengesahan perkawinan atau isbat nikah biasanya diajukan dengan alasan-alasan seperti hilangnya akta nikah, adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syarat perkawinan, perkawinan dibawah tangan, tidak mempunyai biaya untuk mencatatkan pernikahan di KUA, atau bahkan karena tidak mengetahui bahwa sebuah pernikahan harus dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Dengan tidak dicatatnya pernikahan anda di Kantor Urusan Agama (KUA), maka nantinya anda akan kesulitan ketika anda akan mengajukan keperluan administrasi seperti pembuatan akta cerai anak, pendaftaran ibadah haji, pencairan dana pensiun PT Taspen, penetapan ahli waris, dan keperluan lainnya.

 

 

Sehingga pastikan bahwa Pernikahan anda tercatat di Kementrian urusan agama dan memperoleh Buku nikah karena itu adalah dokumen yang sangat penting sehingga harus hati-hati menjaganya agar tidak menimbulkan permasalan dan persoalan dikemudian hari.

 

 

Baca juga : Cara Mengurus Buku Nikah Yang Hilang

 

 

Pengacara-online.com merupakan Kantor Pengacara Perceraian yang fokus di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur yang mengkhususkan diri pada penanganan perkara Hukum keluarga di Pengadilan Agama & Negeri seperti Istbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Pernikahan, Pengangkatan Anak, Perceraian, Pembagian Harta Bersama, Hak Asuh Anak, Gugatan Perceraian, Perwalian, Sengketa Waris, Wasiat, Hibah.

 

 

Dengan didukung TIM Advokat-Pengacara yang berkompeten dan telah berpengalaman Berpraktik sebagai Advokat-Pengacara di berbagai wilayah Pengadilan Agama & Negeri Di Indonesia dapat menjalankan profesi dimanapun, kapanpun dan kasus apapun sepanjang berada di wilayah Indonesia, untuk itu kami harapkan kepada calon klien kami tidak ragu dalam memilih kami sebagai kuasa hukum maupun penasihat hukum dari Kantor Pengacara-online.com.

 

 

Kami memiliki beberapa kantor perwakilan Di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

 

 

Pelayan kami dalam melaksanakan profesi kami dengan berpegang teguh pada Kode etik dan profesional serta komitmen penuh dalam menangani perkara yang diamanahkan kepada kami.

 

 

Ingin mengajukan pertanyaan & Konsultasi Mengenai Perceraian  kami siap membantu Anda, silakan hubungi Pengacara-Online.com di +62 83-123-666-132 atau email ke pengacara.online@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!