Senin - Jum'at, 08.00 - 16.00

Gugatan Istri Dominasi Perceraian, Yuk Siapkan Pengacara Perceraian

0 Comments
7. Gugatan Istri Dominasi Perceraian, Yuk Siapkan Pengacara Perceraian

PURWOREJO – Angka perceraian di Kota Purworejo terbilang cukup tinggi selama dua tahun terakhir. Tercatat ada 278 kasus pada tahun 2019 dan 226 kasus pada tahun 2020. Faktor dominan perceraian ini mayoritas karena persoalan ekonomi rumah tangga.

 

Humas Pengadilan Agama (PA) Purworejo, Jamadi mengatakan, selain ekonomi pertengkaran dalam rumah tangga juga menjadi faktor penyebab tingginya perceraian. Terlebih dengan terbukanya media sosial (medsos) katanya, seringkali menjadi faktor kerusakan hubungan pasangan suami istri (pasutri).

 

Jumlah gugatan cerai dari pihak istri justru lebih banyak ada 180 perkara. Sebaliknya dari pihak suami hanya 40 perkara. Di sinilah faktor, gugatan dari pihak istri mendominasi, karena kebanyakan faktor ekonomi, kepada wartawan.

Biaya Cerai dan Cara Membuat Gugatan Cerai yang Perlu Disiapkan

Ia menyebutkan jika dirata-rata cerai talak (dari pihak suami) 4 perkara per bulannya. Sedangkan, cerai gugat (dari pihak istri) jumlahnya bisa mencapai 26 gugatan tiap bulan yang masuk ke PA Purworejo.

 

Paling banyak kasus yang kami tangani ialah cerai gugat, yang mana istri yang mengajukan gugatan cerai terutama karena perselisihan dan pertengkaran terus menerus.

 

Menurut Jamadi, sejumlah faktor yang turut memengaruhi perceraian di Kota Purworejo, yakni perselisihan dan pertengkaran secara terus menerus. Sedangkan perkara cerai karena faktor kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), lanjutnya, sangat kecil.

 

Perselisihan akibat perbedaan pendapat menjadikan pertengkaran tidak berujung menjadi faktor dominan dalam perceraian. Hal tersebut juga diakibatkan oleh pemahaman tentang tujuan sebuah penikahan.

 

Sementara untuk faktor ekonomi, imbuhnya, yang memengaruhi seperti penghasilan suami yang rendah atau bahkan tidak bekerja, serta istri yang tidak dinafkahi oleh suami. Faktor ekonomi juga menimbulkan banyak faktor lain sebagai contoh munculnya pihak ketiga atau terjadinya perselingkuhan.

 

Dia merinci jumlah perkara berdasarkan faktor-faktor penyebab terjadinya perceraian. Sejumlah 127 perkara disebabkan oleh perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus, 65 perkara disebabkan oleh faktor meninggalkan salah satu pihak, dan faktor ekonomi sebanyak 47 perkara, serta 2 perkara disebabkan oleh kasus KDRT.

Mengajukan Gugatan Cerai? Gunakan Pengacara Perceraian Purworejo

Ditinjau dari profesi pemohon cerai, kata dia, kebanyakan berprofesi sebagai karyawan swasta, maupun profesi lain seperti PNS, Polri, TNI, dan lainnya. Padahal, pihaknya selalu berupaya melakukan mediasi terlebih dahulu terhadap pasangan yang akan bercerai, namun terkadang menjadi sia-sia ketika pasangan memang sudah saling yakin untuk berpisah.

 

Sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan pasal 4, bahwa semua jenis wajib menempuh mediasi, kecuali salah satunya ialah sengketa mengenai pencegahan, penolakan, pembatalan, dan pengesahan perkawinan.

 

Jika anda sedang membutuhkan pengacara untuk mengurus Perceraian, Perkawinan, Hukum Keluarga dan Hak Waris Anak Hubungi kami Pengacara-Online.Com Pengacara di PENGACARA PERCERAIAN JOGJA, KLATEN, PONOROGO & PURWOREJO di WhatsApp +62 857-1325-1145.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!