Senin - Jum'at, 08.00 - 16.00

Whatsapp

0857 1325 1145

Email Kami

pengacara.online@yahoo.com

Cara Mengurus Buku Nikah Yang Hilang, Pengacara Online Saja

0 Comments
Cara Mengurus Buku Nikah Yang Hilang, Pengacara Online Saja

Cara Mengurus Buku Nikah Yang Hilang, Pengacara Online Saja. Suatu pernikahan dianggap sah apabila memang memenuhi unsur agama dan kepercayaannya. Serta berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jika memenuhi semua unsur tersebut maka suatu pernikahan dianggap sah dan kuat dimata hukum. Namun apa jadinya jika buku pernikahan tersebut hilang Namun, pernahkah anda mengalami buku nikah/akta perkawinan anda HILANG? berikut ini kami jelaskan prosedur dan  mekanisme mengenai cara untuk mengurus buku nikah yang hilang.

 

 

  1. Penerbitan Kembali Kutipan Akta Perkawinan Bagi Non Muslim.

Berikut beberapa berkas yang harus anda persiapkan :

  • Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian setempat.
  • Fotocopy akta perkawinan ( jika masih ada ).
  • Tanggal pencatatan perkawinan.
  • Tanggal pemberkatan perkawinan.
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy Kartu Keluarga.
  • Fotocopy Akta Kelahiran.

Untuk mengurus hal tersebut dibutuhkan selambat-lambatnya akan selesai dalam masa 7 hari kerja. Dan perlu diingat pengurusan tersebut tidak membutuhkan biaya administrasi atau gratis.

 

 

  1. Penerbitan Kembali Kutipan Akta Perkawinan Bagi Muslim

Pertama berdasarkan Pasal 35 Permenag 19/2018 mengatur apa yang harus dilakukan ketika buku nikah anda hilang yaitu dengan cara :

 

  1. Buku Pencatatan Perkawinan yang rusak atau hilang dapat diterbitkan duplikat.
  2. Duplikat Buku Pencatatan Perkawinan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala KUA Kecamatan yang mencatat perkawinan berdasarkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  3. Penerbitan duplikat Buku Pencatatan Perkawinan karena kerusakan didasarkan surat permohonan yang bersangkutan disertai penyerahan Buku Pencatatan Perkawinan asli.

 

Bagi anda warga masyarakat yang kehilangan buku nikah, bisa mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) setempat dimana anda dulu melakukan pernikahan dengan membawa persyaratan tersebut diatas. Karena yang menurunkan buku nikah adalah Kantor Urusan Agama (KUA) tersebut. Yang harus anda ketahui adalah pada dasarnya akta perkawinan tersebut dibuat rangkap. Dimana satu disimpan oleh pegawai pencatat dan yang satunya lagi disimpan oleh panitera pengadilan diwilayah kantor pencatatan perkawinan tersebut berada.

 

 

Kedua, Bagaimana jika ternyata catatan perkawinan Anda juga tidak ada di KUA setempat? jawabannya anda harus mengajukan Permohonan Itsbat Nikah ke Pengadilan Agama agar pernikahan Anda mempunyai kekuatan hukum. Hal itu Berdasarkan Pasal 7 ayat (3) KHI, itsbat nikah diajukan ke Pengadilan Agama disebabkan karena hal-hal berikut:

 

 

  1. Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaian perceraian;
  2. Hilangnya akta nikah;
  3. Adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syarat perkawinan;
  4. Adanya perkawinan yang terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang No. 1 Tahun 1974; dan
  5. Perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyai halangan perkawinan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974.

One thought on “Cara Mengurus Buku Nikah Yang Hilang, Pengacara Online Saja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *