Senin - Jum'at, 08.00 - 16.00

Biaya Cerai dan Cara Membuat Gugatan Cerai yang Perlu Disiapkan

0 Comments
5. Biaya Cerai dan Cara Membuat Gugatan Cerai yang Perlu Disiapkan

Perceraian dianggap mimpi buruk bagi para pasangan suami istri, tapi jika ini menjadi jalan keluar terbaik, mau tidak mau harus dilakukan. Sebelum memutuskan bercerai, ada baiknya Anda menyiapkan segala dokumen pendukung dan mengetahui biaya cerai. Hal ini dilakukan demi mempermudah proses perceraian yang berlangsung, serta agar tidak memakan waktu cukup lama.

 

Mengetahui biaya cerai juga dapat membantu Anda untuk memperkirakan berapa budget yang bakal dikeluarkan hingga proses berakhir. Untuk itu, bagi kalian yang memang sudah memantapkan hati untuk bercerai dari pasangan, bahkan langkah ini telah menjadi keputusan bersama, berikut kami berikan informasi terkait tahap melakukan gugatan cerai serta kisaran biaya yang dibutuhkan.

Pengacara Perceraian Jogja Murah, Profesional, Handal dan Resmi

#Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

    • Adapun dokumen yang perlu disiapkan untuk mengajukan gugatan cerai, di antaranya yaitu: Surat nikah asli
    • Fotokopi surat nikah Fotokopi
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan penggugat
    • Surat keterangan dari kelurahan
    • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi akte kelahiran anak (untuk yang sudah memiliki anak)
    • Materai

 

#Daftar gugatan cerai ke pengadilan

Jika segala dokumen atau berkas yang disiapkan sudah lengkap, Anda dapat langsung daftar gugatan cerai ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri. Mendaftar gugatan cerai harus ke pengadilan yang berada di wilayah kediaman pihak tergugat.

 

Misalnya, jika istri yang menggugat cerai suami, maka istri yang harus mengajukan gugatan tersebut di pengadilan tempat suami. Begitu juga sebaliknya.

 

#Membuat surat gugatan

Ketika sudah tiba di pengadilan, langsung menuju pusat bantuan hukum di pengadilan untuk membuat surat gugatan cerai, yang harus mencantumkan alasan menggugat cerai. Alasan yang diberikan pun harus bisa diterima pihaknya

Berapa Lama Proses Perceraian di Pengadilan Negeri Maupun Agama

#Menyiapkan biaya cerai

Biaya perceraian meliputi biaya pendaftaran, materai, proses (ATK), redaksi, dan panggilan sidang. Total biaya ini wajib dibayar pihak yang mengajukan gugatan cerai, tapi jumlah yang dikeluarkan selama proses sidang cerai tergantung dari kedua belah pihak yang bercerai.

 

Apabila salah satu pihak tidak pernah menanggapi surat pengadilan persidangan, maka pihak pengadilan berhak membebankan biaya yang lebih besar. Namun, balik lagi, ini menyesuaikan jumlah ketidakhadiran pihak yang bercerai.

 

#Mengetahui tata cara dan proses persidangan

Ketika proses persidangan berjalan, kedua belah pihak harus menghadiri persidangan untuk mengikuti mediasi. Tujuannya agar kedua belah pihak bisa berdamai dan menarik gugatannya.

 

Akan tetapi, jika keputusan bercerai sudah bulat dan menolak berdamai, maka akan dilanjutkan dengan pembacaan surat gugatan cerai. Lalu, jika pihak tergugat tidak pernah datang dan mengikuti sidang, maka pengadilan dapat membuat perintah putusan yang berisi pemutusan sah antara suami dan istri.

Pengacara Perceraian di Klaten | Cara Pemeriksaan Cerai Gugat

#Menyiapkan Pengacara

Alasan gugatan cerai yang disampaikan di awal proses akan disampaikan di pengadilan dan untuk menghadirkan Pengacara-Pengacara yang dapat memperkuat alasan tersebut. Nantinya, Pengacara akan dihadirkan saat sidang cerai berlangsung.

 

Jika anda sedang membutuhkan pengacara untuk mengurus Perceraian, Perkawinan, Hukum Keluarga dan Hak Waris Anak Hubungi kami Pengacara-Online.Com Pengacara di PENGACARA PERCERAIAN JOGJA, KLATEN, PONOROGO & PURWOREJO di WhatsApp +62 857-1325-1145.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!