Senin - Jum'at, 08.00 - 16.00

Whatsapp

0857 1325 1145

Email Kami

pengacara.online@yahoo.com

Butuh Pengacara Untuk Konsultasi Permasalahan Asal-Usul Anak

0 Comments
Butuh Pengacara Untuk Konsultasi Permasalahan Asal-Usul Anak

Butuh Pengacara Untuk Konsultasi Permasalahan Asal-Usul Anak. Kedudukan seorang anak merupakan hal yang sangat penting karena dengan mengetahui kedudukan tersebut, seorang anak akan mendapat perlakuan yang jelas oleh hukum. Dalam undang-undang perkawinan disebutkan bahwa anak sah adalah anak yang lahir dalam atau sebagai akibat dari perkawinan yang sah.

 

 

Seorang anak yang berkedudukan sebagai anak sah tentu akan mendapat perlindungan yang sempurna oleh hukum. Sementara itu, anak yang dilahirkan di luar perkawinan hanya mempunyai hubungan perdata dengan ibu dan keluarga ibunya. Anak yang dilahirkan di luar perkawinan tidak memiliki hubungan keperdataan dengan ayah dan keluarga ayahnya sehingga ayah tidak mempunyai kewajiban untuk memberikan hak-hak yang seharusnya diterima oleh seorang anak..

 

 

Selain itu dampaknya adalah akta kelahiran anak tersebut yang akan dicatatkan oleh Dinas Kependudukan sebagai anak ibu saja. Sehingga didalam akta kelahiran anak akan tertulis: Anak ke sekian, Laki-laki (atau perempuan) dari Ibu X. Sehingga didalam akta anak tidak dicantupkan nama ayah anak.

 

 

Kemudian upaya hukum apa yang dapat dilakukan baik oleh ibu atau ayah anak itu ? Yang dapat dilakukan adalah mengurus akta kelahiran si anak dengan meminta pengesahan dari Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Sebagaimana diatur dalam Pasal 50 Undang-Undang Administrasi Kependudukan telah menyebutkan tentang pengesahan anak sebagai berikut :

 

 

  1. Setiap pengesahan anak wajib dilaporkan oleh orang tua kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak ayah dan ibu  dari anak yang bersangkutan melakukan perkawinan dan mendapatkan akta perkawinan.
  2. Pengesahan anak hanya berlaku bagi anak yang orang tuanya telah melaksanakan perkawinan sah menurut hukum agama dan hukum negara.
  3. Berdasarkan laporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pejabat Pencatatan Sipil mencatat pada register akta pengesahan anak dan menerbitkan kutipan akta pengesahan anak.

 

 

Selain itu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Pasal 55 yang berbunyi :

  1. Asal usul seorang anak hanya dapat dibuktikan dengan akte kelahiran yang authentik, yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
  2. Bila akte kelahiran tersebut dalam ayat (1) pasal ini tidak ada, maka pengadilan dapat mengeluarkan penetapan tentang asal-usul seorang anak setelah diadakan pemeriksaan yang teliti berdasarkan bukti-bukti yang memenuhi syarat.
  3. atas dasar ketentuan Pengadilan tersebut ayat (2) ini, maka instansi pencatat kelahiran yang ada dalam daerah hukum Pengadilan yang bersangkutan mengeluarkan akte kelahiran bagi anak yang bersangkutan.

 

 

Ingin mengajukan pertanyaan & Konsultasi permasalahan Asal-Usul Anak, kami siap membantu Anda, silakan hubungi Pengacara-Online.com di +62 83-123-666-132 atau email ke pengacara.online@yahoo.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *